Begini Cara Membuat Cairan Disinfektan Secara Mudah

14 views

Mencegah tubuh dari berbagai serangan mikroorganisme berbahaya, tidak cukup dilakukan hanya dengan rutin menjaga kebersihan tubuh saja. Memastikan lingkungan sekitar dan barang-barang yang sering digunakan terbebas dari virus maupun bakteri pun harus dilakukan. Jika biasanya Anda hanya rajin mencuci tangan, gunakan antiseptik, membersihkan rumah, maka saat ini tidak ada salahnya untuk menggunakan juga jasa semprot desinfektan.

Pada dasarnya, jasa ini merupakan pihak yang menyediakan layanan penyemprotan atau pemberian disinfeksi pada barang-barang dan ruangan di rumah, di kantor, atau tempat mana pun. Fungsinya adalah untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan berbagai mikroorganisme jahat yang menempel di benda mati. Proses disinfeksi ini dilakukan dengan penyemprotan cairan dari bahan kimia tertentu yang sudah diolah sedemikian rupa.

Cara Membuat Disinfektan di Rumah

Meskipun begitu, tidak semua orang bisa menggunakan jasa disinfektan ini. Ada yang memilih membuat cairannya sendiri sebagai edukasi. Nah, bagi Anda yang ingin membuat cairan disinfektan sendiri, beberapa cara berikut bisa dilakukan dengan mudah.

  • Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
READ  Menghitung Biaya Pemasangan dan Harga Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Sebelum membuatnya, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa alat dan bahan untuk pembuatannya. Untuk peralatan yang dibutuhkan, Anda harus menyiapkan botol semprot, gelas takar atau gelas ukur, botol kaca dengan tutupnya, kain microfiber atau kain lainnya yang punya permukaan lembab, sarung tangan untuk sekali pakai, dan masker untuk digunakan saat pembuatan.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan disinfektan ini yakni pemutih pakaian sebanyak 2 sendok makan atau sekitar 30 ml, air sebanyak 1 liter, dan juga sediakan air dan sabun untuk mencuci tangan.

  • Buat Takaran

  Penting untuk diketahui, pada dasarnya setiap cairan pemutih mempunyai kadar presentasi yang berbeda. Ketika Anda akan membuat cairan disinfeksi seperti yang sering digunakan jasa disinfektan, maka sebaiknya gunakan pemutih dengan kadar 5%. Kadar ini nantinya akan diencerkan hingga kadar tersebut semakin turun sampai mencapai 0.05%. Atau jika dibuat perbandingannya adalah 1:100. Jika kadar pemutih bukan 5%, maka Anda bisa menghitungnya agar penurunan kadar sesuai dengan perbandingan tersebut.

  • Cara Membuat
READ  Menghitung Biaya Pemasangan dan Harga Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Setelah Anda memerhatikan hal-hal tersebut, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan caranya. Adapun beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, sebagaimana berikut ini:

  • Tidak jauh berbeda dengan cara yang dibuat oleh pihak jasa disinfektan, cara yang pertama adalah menuangkan cairan pemutih dengan hati-hati ke dalam botol kaca. Pastikan botol tersebut bisa menampung tambahan air bersih nantinya. Jika Anda ingin membuat cairan disinfektan sebanyak 1 liter, maka pastikan botol tersebut bisa menampung.
  • Jika cairan pemutih sudah dimasukan, maka Anda bisa mulai masukan air sesuai dengan perhitungan takaran yang disediakan. Biarkan kedua bahan tersebut tercampur dengan baik sebelum digunakan.
  • Setelah campuran tersebut dirasa sudah tercampur merata, Anda bisa mengambil botol semprot dari bahan plastik. Untuk memudahkan, lebih baik gunakan botol semprot dengan ukuran yang lebih keci.
  • Masukan cairan yang sudah siap tersebut ke dalam botol semprot dengan perlahan. Pastikan Anda gunakan sarung tangan untuk mencegah kulit teriritasi bahan kimia yang terdapat pada cairan tersebut.
  • Jika sudah, Anda pun bisa mulai menyemprotkan cairan tersebut ke berbagai benda mati yang ada di rumah.
READ  Menghitung Biaya Pemasangan dan Harga Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Pada dasarnya, pembuatan cairan disinfektan ini memanglah mudah. Namun, jika Anda tidak punya cukup banyak waktu untuk membuatnya, penggunaan jasa disinfektan bisa jadi pilihan. Pasalnya, baik membuat sendiri atau menggunakan jasa, fungsi cairan keduanya akan sama saja.

Meskipun begitu, jika Anda tidak melakukan pembuatannya dengan hati-hati, terlebih dalam masalah penakaran yang mana membuat konsentrasi pemutih lebih tinggi, bisa memberikan dampak bahaya pada uap dan udara di dalam ruangan. Untuk itu, pastikan jika Anda melakukannya dengan tepat.

 

cairan disinfektan

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.