Cara Membuat Keripik Pisang Renyah Tahan Lama

33 views

Nama keripik pisang pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Keripik pisang ini biasanya dibuat dengan berbagai varian rasa. Seperti coklat, manis, pedas manis, asin, dan balado.

Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana sih cara membuat keripik pisang. Cara membuat keripik pisang pun mudah dan tidak ribet. 

Untuk membuat keripik pisang, tidak dianjurkan menggunakan pisang yang sudah masak. Hal ini karena akan membuat tekstur keripik yang lembek dan mudah gosong. 

 

Contents

READ  Inilah 5 Restoran Dengan Konsep Paling Unik di Dunia

Cara Membuat Keripik Pisang 

cara membuat keripik pisang

Bahan : 

  • Pisang Kepok
  • Garam 
  • Kapur Sirih
  • Air
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Keripik Pisang : 

  1. Kupas pisang. Kemudian iris tipis.
  2. Larutkan garam dan kapur sirih dalam air sebanyak 1 liter.
  3. Rendam pisang dalam air larutan selama 1 jam.
  4. Kemudian tiriskan pisang.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, dan goreng pisang dengan kondisi api yang stabil. Anda juga bisa menggunakan vacuum frying agar keripik pisang matang sempurna. 
  6. Goreng pisang hingga berubah warna. Angkat lalu tiriskan.
  7. Keripik pisang siap diolah dengan berbagai varian.

 

Tips Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Tahan Lama

cara membuat keripik pisang

Untuk membuat keripik pisang yang renyah dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak kecewa. Berikut ini beberapa teknik yang harus dalam membuat keripik pisang.

1.    Pilih Jenis Pisang yang Baik

Jenis pisang dan kualitas pisang akan sangat berpengaruh dalam pembuatan keripik pisang. Jenis yang salah akan mempengaruhi kualitas, tekstur, hingga rasa. 

READ  Biaya Paket Jasa Aqiqah Jakarta

2.    Metode Memasak

Metode memasak sangat menentukan rasa, tekstur, warna, dan kualitas dari keripik pisang anda. Anda dapat menggunakan cara digoreng secara vakum, digoreng biasa, atau di oven. 

3.    Iris Tipis

Ketebalan dari keripik mempengaruhi kerenyahan keripik. Dengan menggunakan irisan keripik yang tipis, keripik akan renyah dan tahan lama. Tekstur nya pun tidak akan lembek seperti irisan keripik yang tebal.

4.    Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada bahan sebelum digoreng, maka akan menekan kadar air didalam irisan keripik. Cara menggunakannya adalah dengan melarutkan garam kedalam air dan merendam bahan di dalam air larutan.

5.    Packing dan Finishing

Penyimpanan keripik juga mempengaruhi ketahanan kerenyahan keripik pisang. Jika disimpan dengan benar, maka keripik pisang akan lebih tahan lama. 

Anda bisa menggunakan toples untuk menyimpan keripik agar lebih tahan lama. Pilihlah toples yang mempunyai kerapatan tinggi dan ringan. 

Selain itu, untuk menyimpan keripik, Anda bisa gunakan vacuum sealer agar merekatkan plastik dengan baik dan udara tidak keluar masuk yang akan membuat keripik mlempem.

READ  Biaya Paket Jasa Aqiqah Jakarta

 

Tips Menyimpan Keripik Pisang

1.    Disimpan dalam Wadah yang Rapat

Jika ingin keripik tetap renyah, simpanlah keripik dalam wadah yang tertutup rapat. Pilih toples atau plastik yang berkualitas dan kerapatan yang baik.

2.    Jangan Sering Sering Membuka Tutup Wadah

Jika kamu sering membuka wadah, udara luar akan mudah sekali masuk dan sirkulasi yang lancar akan menyebabkan keripik mudah mlempem. Bukalah tutup seperlunya saja. Jika sudah selesai, tutup kembali tutup toples.

3.    Akali dengan Tisu 

Letakkan tisu pada tutup untuk mengganjal kerapatan dalam toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar yang menyebabkan keripik mudah mlempem.

4.    Menyimpan di Kulkas

Dengan menyimpan keripik pisang didalam kulkas akan mempertahankan suhu dan udara didalam wadah keripik. Keripik pun akan lebih tahan lama dan tidak mudah melempem.

Keripik pisang resep

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.