Cara Membudidayakan Kelinci Pedaging

10 views

Anda ingin memakan makanan yang berbeda? Memakan daging kelinci adalah jawabannya. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam daging kelinci, membuat daya tahan tubuh anda menjadi kuat. Dalam artikel ini, kami sedikit menjelaskan tentang budidaya kelinci pedaging seperti kelinci giant flemish!

Makanan adalah faktor penting dalam menjalani hidup. Jika tubuh kita kekurangan nutrisi, maka akan berpengaruh pada daya tahan tubuh kita. Memakan daging kelinci yang memiliki manfaat bagi tubuh kita. Kami akan jelaskan apa itu kelinci pedaging dan cara membudidayakannya.

Kelinci Pedaging adalah jenis kelinci yang dapat dikonsumsi. Ada dua jenis kelinci, yaitu kelinci ras hias dan kelinci ras pedaging.

Berbicara tentang kelinci, berikut kami paparkan cara budidaya kelinci pedaging untuk pemula:

  • Memilih Jenis kelinci
READ  Contoh Hewan Yang Hidup Di Dua Alam

Seperti yang diketahui ada dua jenis kelinci yaitu kelinci ras hias dan kelinci ras pedaging. Ciri-ciri kelinci yang cocok untuk digunakan sebagai kelinci pedaging adalah kelinci yang mempunyai badan lebar dan mudah untuk berkembangbiak/dikembangbiakkan.

  • Memilih Indukan

Langkah ini sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya budidaya kelinci ras pedaging. Harus pintar memilih indukan kelinci dan memperhatikannya. Dengan memilih kelinci betina dengan berat mencapai minimal 4 kg dan untuk kelinci jantan dengan berat minimal 3 kg. Pastikan warna mata kelinci memiliki warna cerah, gerakannya lincah, berbulu bersih, dan pinggulnya bulat.

  • Memilih kandang yang Baik

Pastikan kandang kelinci berada di tempat yang sunyi, nyaman dan tenang. Karena kelinci menyukai tempat yang jauh dari keramaian.

  • Makanan Kelinci
READ  Contoh Hewan Yang Hidup Di Dua Alam

Pakan kelinci ras pedaging dan kelinci ras hias memiliki perbedaan. Untuk pakan kelinci ras pedaging sendiri, ditambahkan nutrisi seperti hormonik dan piterna pada makanannya.

  • Cara mengembangbiakkan

Seperti kelinci ras hias, untuk mengawinkan kelinci ras pedaging ketika kelinci betina berusia minimal 6 bulan dan kelinci jantan berusia minimal 6 bulan. Dengan memasukkan kelinci betina kedalam kandang kelinci jantan pada pagi atau sore hari, dan setelah melakukan satu kali perkawinan, keluarkan kelinci betina selama kurang lebih 10-15 menit untuk beristirahat. Kemudian masukkan kembali kelinci betina sampai kelinci betina tidak mau melakukannya lagi.

Nah! Itu adalah penjelasan tentang kelinci pedaging dan cara membudidayakannya. Semoga bermanfaat ya!

READ  Madu Untuk Kucing Anggora Apakah Boleh ?
author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.