Cara Mengatasi Kartu Memori Kamera yang Terkunci

25 views

Boleh jadi para penggemar fotografi menemui masalah pada memory card kamera khususnya kamera DSLR. Ditampilkan pesan peringatan di layar LCD "Card's write protect switch is set to lock" atau bahasa awamnya kartu memori kamera terkunci. Malah mungkin ada yang menyangka jika kamera mereka error atau rusak. Dari pesan yang diberikan, bisa ditebak jika sumber masalah berasal dari memory card atau kartu memori dimana file foto dan video tersimpan.

Jika anda menjumpai error tadi di kamera, tak perlu tergesa-gesa ke service center. Mencoba mengatasi sendiri kamera bermasalah adalah langkah bijak sekaligus bisa belajar mengenal komponen-komponen kamera. Berikut beberapa beberapa tips menangani kartu memori kamera terkunci atau "Card's write protect switch is set to lock" yang bisa dilakukan sendiri :

Mengatasi Kartu memori kamera Terkunci

Mematikan Kamera

Saat akan mencopot kartu memori upayakan agar mematikan kamera lebih dulu. Jika kamera masih dalam kondisi menyala maka seluruh modul elektronik kamera masih teraliri listrik dari baterai. Slot kartu memori merupakan salah satu modul yang menerima pasokan listrik maka bila secara tiba-tiba memory card dilepas pastinya lambat laun bisa terjadi malfunction.

Copot Kartu Memori

Misalnya kamera Canon 1100D posisi kartu memori terpasang di sebelah bawah berdampingan dengan wadah baterai. Pada tiap merek dan tipe kamera pastinya lokasi kartu memori tak persis sama. Ada yang posisinya di samping kanan atau kiri bodi. Sesudah dicabut kemudian pasang lagi kartu memori itu lalu nyalakan kamera. Jika pesan tetap keluar, ulangi kembali langkah tadi, hanya saja kini tidak usah langsung dipasang. Tunggu beberapa saat dan ikuti tips berikutnya.

Periksa Switch Lock Kartu Memori

Di tiap kartu SD Card atau Full SD biasanya di samping bodi ada panel lock atau write protection switch dengan kegunaan untuk melindungi isi di dalamnya. Jika panel lock ada di posisi atas artinya kartu memori tak terkunci atau unlock. Kartu memori itu file di dalamnya dapat dibaca sebuah perangkat contohnya kamera DSLR. Tapi sebaliknya, jika panel lock ada di posisi bawah artinya kartu memori dalam posisi terkunci atau lock. Berarti perangkat lain tak dapat melakukan tindakan pada isi kartu memori itu baik membaca, menulis atau menghapus. Saat pesan kesalahan sebagaimana di atas ditampilkan, semestinya panel lock ada di posisi bawah. Coba pasang di posisi unlock lalu masukkan ke kamera dan hidupkan. Jika tetap saja keluar pesan kesalahan yang sama, maka langkah selanjutnya bisa digunakan.

Removing Digital Write Protection

Pada cara ini, yang diperlukan yaitu Laptop atau komputer yang punya port kartu jenis SD Card. Namun jika hanya ada port USB pun bisa diakali dengan bantuan Card Reader. Sisipkan kartu memori ke port SD Card dan cek bahwa kartu memori itu terdeteksi sistem Windows di laptop. Bila tak terdeteksi, silahkan posisikan panel kartu memori ke posisi lock kemudian lihat kembali apakah sudah terdeteksi oleh windows. Selanjutnya klik kanan program CMD kemudian pilih run as administrator. Otomatis akan ditampilkan antarmuka CMD dengan warna latar belakang hitam.

Selanjutnya ketik : diskpart dan klik Enter sebagai perintah membaca perangkat penyimpanan yang terkoneksi ke laptop. Ketik : list disk kemudian klik tombol Enter  guna menampilkan daftar perangkat memory yang terbaca laptop misalnya : Disk 0 dan Disk 1. Disk 0 adalah harddisk yang ada di laptop sementara Disk 1 adalah kartu SD Card kamera yang dibaca tadi. Selanjutnya pilih disk 1 dengan mengetikkan select disk 1 kemudian klik tombol Enter.

Tahap terakhir yaitu menghapus attribute readonly yang terbentuk di kartu memori tersebut. Cukup dengan mengetikkan : attributes disk clear readonly kemudian klik tombol Enter. Bila attribute dapat dihapus dengan sendirinya akan ditampilkan informasi success. Terakhir sorot drive dimana kartu memori berada, lalu klik kanan dan pilih Eject. Lepaskan kartu memori dari slot laptop atau card reader kemudian masukkan lagi ke slot di kamera. Perhatikan apakah masih ada peringatan kesalahan yang sama atau tidak.

Jika tetap Error

Maka sudah bisa dipastikan jika switch lock di kartu memori error. Untuk itu cara yang bisa dilakukan adalah menggeser perlahan-lahan pada posisi unlock, kemudian masukkan  lagi ke slot memori di kamera. Langkah ini dapat diulangi beberapa kali hingga kartu SD Card itu terdeteksi sistem kamera. Kemungkinannya ada bagian lempeng kuningan di switch lock yang sudah aus, kotor oleh debu, berkarat atau malah patah yang membuatnya tak bekerja dengan semestinya. Namun yang pasti biang masalah kartu memori kamera terkunci ya ada pada unit memory card itu dan tidak di unit kamera. Nah, selamat mencoba!

Source

 

Kamera

author
Woman Blogger With Passion..
No related post!

Comments are closed.