Jenis Jenis Kertas Undangan

33 views

Ketika kamu ingin membuat undangan, maka biasanya kamu akan menyerahkan semuanya kepada pihak percetakan. Namun agar tidak kecewa nantinya, sebelum undangan yang kamu pesan dicetak, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis kertas yang biasa dipakai untuk membuat undangan, sehingga kamu dapat menentukan jenis kertas yang cocok untuk undangan yang akan kamu buat.

kertas undangan

Berikut beberapa jenis kertas undangan yang biasa dipakai oleh para pihak percetakan

Kertas Art Carton

Kertas jenis ini memiliki permukaan yang halus, licin, dan tebal, sehingga tidak perlu ditambahkan hard cover. Sehingga satu lembar kertas Art carton cukup dilipat jadi dua untuk menjadi sebuah undangan yang cantik. Art Carton memiliki ketebalan yang beragam, gramaturnya mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, hingga 400gr.

Art Carton adalah salah satu jenis kertas undangan yang banyak digunakan, karena harga kertas yang relatif murah, dan kertas jenis ini mudah dibentuk serta dikombinasikan dengan bahan undangan lainnya, sehingga menghasilkan undangan yang cantik dan menarik. Agar undangan dengan bahan Art Carton terlihat lebih eksklusif, maka dapat dilapisi dengan doff atau glossy.

READ  Ini Dia Jenis Buah yang Cocok Dijadikan Parcel Buah

Kertas Art Paper

Kertas jenis ini memiliki ciri permukaan yang licin, dan biasanya dilaminasi dengan glossy, doff atau UV untuk membuat hasil undangan lebih bagus dan menarik. Kertas Art Paper lebih tipis dari kertas Art Carton, dengan gramasi 85 gr, 100 gr, 120 gr, dan 150 gr.

Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk pelapis luar atau bagian dalam hard cover undangan. Selain digunakan untuk membuat undangan, kertas Art Paper juga dapat digunakan untuk pembuatan kalender gantung.

Kertas Jasmine

Kertas Jasmine memiliki tekstur bergliter, sehingga akan sangat cantik ketika dibuat menjadi undangan. Namun kertas Jasmine tidak dapat melalui proses percetakan, karena kertas jenis ini cenderung sulit menyerap tinta, sehingga hanya dapat dicetak menggunakan teknik emboss atau deboss. Teknik emboss yaitu dengan cara membuat tulisan timbul ke luar permukaan, sedangkan teknik deboss yaitu membuat tulisan cekung ke dalam permukaan kertas. Karena proses cetak menggunakan tinta akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengeringannya.

READ  Tips Sukses Menjalankan Bisnis Loket Pembayaran Tagihan Secara Online

Kertas Jasmine hanya memiliki dua gramatur yaitu tipis dan tebal. Warna kertas Jasmine yang banyak dipakai adalah pearl white dan pearl natural, dengan kedua warna tersebut undangan menjadi berkesan romantis dan cantik dilihat. Kertas jasmine memiliki harga yang relatif mahal, namun memiliki kualitas yang baik sesuai harganya, sehingga menghasilkan undangan dengan kualitas premium.

Kertas Concorde

Kertas Concorde memiliki karakteristik permukaan yang tidak beraturan, serta jika kertas ini dilipat kan terlihat patah-patah pada teksturnya. Sehingga jika akan menjadikan kertas ini menjadi sebuah undangan maka gunakan kertas Concorde yang memiliki gramasi tebal. Selain dipakai untuk membuat undangan, kertas Concorde juga kerap digunakan untuk membuat sertifikat dan kartu nama.

Kertas Ivory

Kertas Ivory memiliki ciri yang berbeda pada kedua sisinya, pada satu sisi teksturnya bernuansa doff, dan pada sisi yang lainnya bertekstur mengkilap. Kertas Ivory adalah perpaduan dari kertas Art Paper, Matt Paper, dan Art Carton.

READ  Pulsa Murah Modal Pertama Membuka Bisnis Pulsa

Sehingga dilihat dari karakteristiknya, kertas jenis ini sangat cocok digunakan untuk membuat undangan pernikahan. Selain itu, kertas ini juga biasanya dipakai untuk mencetak poster. Kertas Ivory memiliki gramatur 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, hingga 400 gr. Dan yang biasanya digunakan untuk membuat undangan adalah kertas Ivory dengan gramatur 260 gr, karena memiliki ketebalan yang ideal, sehingga memudahkan proses produksi.

Selain beberapa jenis kertas diatas, masih ada beberapa jenis kertas lain yang biasa digunakan untuk membuat undangan, seperti kertas Matt Paper, kertas Linen, kertas Aster, kertas mecy Paper, kertas Fancy Paper, dan kertas Recycle Look.

Demikian informasi tentang jenis jenis kertas undangan, semoga bermanfaat ya.

Kunjungi juga kangmasian untuk dapatkan informasi menarik lainnya.

Kertas

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.