Pengaruh Sosial Media Terhadap Depresi Global

18 views

Depresi global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi depresi yang dialami oleh sebagian besar orang secara global. Depresi yang dimaksud dalam artikel ini bukanlah depresi ekonomi akibat putaran uang di suatu negara tersendat, namun masalah psikis yang dinamakan depresi (depression).

Depresi adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling sering dialami oleh seseorang, bahkan penelitian menunjukan bahwa setidaknya orang mengalami sekali masalah depresi dalam hidupnya. Namun kini orang lebih mudah mengalami depresi ketimbang masa agraris atau bahkan masa revolusi industri pertama.

Lalu bagaimana bisa di era informasi yang serba mudah ini orang justru mengalami depresi? Depresi sendiri diakibatkan oleh ekspektasi seseorang dan dia menyadari kalau ia tidak pernah bisa menggapai apa yang diekspektasikan. Atau bisa juga karena mengalami pengalaman buruk yang traumatis. Singkatnya, salah satu sebab depresi adalah harapan yang tidak terpenuhi kemudian menimbulkan kesedihan yang terus menerus.

READ  Harga Paket Indihome Unlimited dari Telkom Update Terbaru

Apa yang dilakukan orang yang depresi? Biasanya mencari hiburan dengan mengakses sosial media. Apa yang dialami setelah mengakses sosial media? Biasanya lumayan tenang dan saat sudah selesai mengakses sosial media, justru mengalami depresi. Ini adalah hal yang umum terjadi sehingga menimbulkan lingkaran setan.

Mengapa hal tersebut terjadi? Hal itu karena saat depresi kita cenderung membutuhkan pertolongan orang lain, dengan mengakses sosial media, anda semakin merasa sendiri dan kesepian. Ini menimbulkan masalah yang lebih besar kedepannya. Sosial media menjadi tempat mencurahkan hati dan pikiran, namun lebih baik jika dikomunikasikan dengan baik kepada orang orang terdekat.

Sosial media cenderung membuat seseorang merasa terpuruk karena di sosial media, orang memposting hal-hal seru, menarik, menyenangkan dan membahagiakan. Ini semakin menegaskan bahwa hidup anda tidak semenyenangkan mereka dan ini semakin membuat seseorang sedih.

READ  Harga Paket Indihome Unlimited dari Telkom Update Terbaru

Hal semacam ini bukan saja terjadi pada orang yang sudah mengalami depresi saja, namun orang yang biasa saja namun terus menerus mengakses sosial media secara adiktif. Jadi, berhati-hatilah ketika anda bersosial media.

 

Sumber: www.pojoksosmed.com

Sosial media

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.