Suka Ikan Arwana? Ini Dia Jenis-jenis Ikan Arwana Yang Wajib Kamu Ketahui!

14 views

Ikan arwana memiliki jenis yang beragam. Mulai dari ikan arwana yang berasal dari Asia seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan lainnya. Jenis ikan arwana yang terdapat di Indonesia seperti ikan arwana super red yang berasal dari Kalimantan dan Ikan arwana Jardini. 

Ikan arwana termasuk dalam spesies salah satu ikan predator yang memiliki sifat agresif dan agar terhindar dari berantem antara arwana lainnya.

Ikan arwana juga dapat menjadi bisnis budidaya yang menguntungkan, yang biasa dibudidayakan karena permintaan pasar yang sangat tinggi. Walaupun ikan ini terbilang jenis ikan hobi, namun banyak sekali para kolektor yang ingin memelihara ikan ini.

Umumnya orang-orang memelihara ikan arwana menggunakan aquarium sepanjang 2x lipatnya dari ukuran ikan arwana. Biasanya makanan yang diberikan yaitu udang segar, kelabang, dan jangkrik. Ada juga makanan yang biasanya digunakan untuk mempercepat perkembangan tubuh ikan arwana seperti kodok.

Ada juga jenis-jenis ikan arwana yang sering diburu para pecinta ikan hias. Jika kalian tertarik untuk mengetahuinya, simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

Contents

READ  Kapan Sekuel Sao Underworld Rilis?

1. Ikan Arwana Red Tail Golden

Jenis ikan arwana yang pertama adalah Red Tail Golden. Ikan arwana red tail golden ini terkenal dengan sebutan golden red yang berasal dari daerah Pekanbaru, Riau, dan daerah sekitar Sumatera lainnya. Ikan ini memiliki sifat yang agresif sehingga ikan arwana ini sangat susah untuk didapatkan.

Ciri-ciri warna tubuh yang dimiliki ikan arwana red tail golden seperti biru, hijau, dan keemasan. Panjangnya bisa sampai 90 centimeter. Biasanya harga ikan arwana ini sekitar Rp. 4,5 juta.

2. Ikan Arwana Silver

Jenis ikan arwana selanjutnya adalah Ikan Arwana Silver. Ikan arwana silver merupakan ikan arwana yang berasal dari negara Brazil. Ikan ini memiliki tubuh yang berbeda dibandingkan dengan jenis ikan arwana yang lainnya.

Pada saat berukuran ke anak-anakan, ikan arwana silver ini memiliki warna yang sedikit merah, namun jika sudah dewasa, warna merahnya akan menghilang dan menjadi warna silver sepenuhnya. Ikan arwana ini memiliki harga sekitar 70 ribuan rupiah untuk satu ekornya

3. Ikan Arwana Super Red

Jenis ikan arwana yang berikutnya adalah Ikan Arwana Super Red. Ikan arwana ini berasal dari Indonesia, yang tepatnya terdapat di pulau Kalimantan bagian barat sungai Kapuas dan danau sentarum. 

READ  Kapan Sekuel Sao Underworld Rilis?

Ikan arwana Super Red ini juga memiliki beberapa sub jenis lagi berdasarkan varietas warnanya yaitu, warna merah darah atau blood red, warna merah cabai atau chili red, dan warna merah agak oranye atau orange red. Untuk perkembangan warna merahnya akan mulai muncul saat ikan arwana sudah berumur sekitar 3 sampai 4 tahun.

4. Ikan Arwana Banjar Red

Jenis ikan arwana selanjutnya adalah Banjar Red. Jenis ikan arwana yang satu ini berasal dari Indonesia. Ikan arwana banjar red ini hampir sama dengan ikan arwana super red pada saat masih masih anakan, jadi jika kalian ingin membeli ikan arwana Banjar Red ini harus berhati-hati dalam memilihnya dan jangan sampai salah beli.

Namun pada usia dewasa, ikan arwana Banjar red ini tidak memiliki warna yang semerah ikan arwana super red. Harga untuk usia anakan sekitar 350 ribu untuk satu ekornya.

5. Ikan Arwana Silver Albino

Jenis ikan arwana selanjutnya adalah Silver Albino. Ikan arwana yang satu ini sebenarnya masih masuk dalam jenis ikan arwana silver. Namun yang membedakannya adalah ikan arwana silver albino ini memiliki kelainan genetik sehingga menjadi albino.

Jenis ikan arwana silver albino ini memiliki karakteristik tubuh warna kuning dan mata yang merah albino. Ikan arwana silver albino ini dibanderol sekitar Rp. 800 ribu untuk satu ekornya.

READ  Kapan Sekuel Sao Underworld Rilis?

6. Ikan Arwana Black Golden

Jenis ikan arwana yang selanjutnya adalah Black Golden. Ikan arwana jenis ini disebut-sebut sebagai jenis ikan arwana termahal di dunia. Ikan arwana yang satu ini terdapat warna emas di bagian sisi tubuh dan di bagian sisiknya terdapat warna kehitaman.

Ikan arwana Black Golden ini terdapat di daerah Penang, Malaysia. Namun, tidak gampang untuk mendapatkan ikan arwana yang satu ini, karena ikan ini berkeliaran di rawa sehingga menyebabkan harga ikan ini sangat mahal, sekitar 18 juta rupiah.

7. Ikan Arwana Jardini

Jenis ikan arwana yang berikutnya adalah Jardini. Ikan arwana ini memiliki banyak sebutan seperti arwana Papua, Gulf saratoga, atau arwana Australia. Ikan arwana yang memiliki nama latin Scleropages Jardini ini merupakan ikan arwana yang berasal dari Australia dan Papua. 

Jika dilihat sekilas, ikan arwana jardini ini hampir mirip dengan ikan arwana Asia. Ikan ini memiliki karakteristik tubuh warna kuning keemasan, namun tidak terlalu terang. Ikan arwana jardini ini dapat bertumbuh hingga ukuran 90 cm dan berat hingga 17 kilogram. Harga untuk ikan arwana Jardini ini sekitar Rp. 4 jutaan.

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.