Tips Berolahraga Di Dalam Rumah

10 views

Rasa malas kerap kali muncul saat Anda ingin berolahraga di luar. Banyak hal yang memicu munculnya rasa malas tersebut, di antaranya karena memang lagi bosan ke gym atau lagi berhemat. Namun, agar rutinitas olahraga Anda tidak terputus, sebaiknya Anda berolahraga di dalam rumah.

Meskipun kondisi berolahraga di dalam rumah tidak sama dengan berolahraga di gym, tetap saja Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan menerapkan tips-tips berolahraga di dalam rumah yang akan  saya bagikan di bawah ini.

4 Jenis Olahraga Di Dalam Rumah

1. Gerakan Duduk-Berdiri

Salah satu bentuk olahraga yang bisa Anda lakukan di dalam rumah adalah olahraga duduk-berdiri. Untuk melakukannya, Anda cukup menyiapkan sebuah kursi sebagai medianya. Setelah itu, mulailah melakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Nah, silahkan lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

READ  Tips Menemukan Klinik Gigi Yang Profesional

Tapi ingat, saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, serta  tatapan lurus kedepan, dalam keadaan posisi perut ditarik ke depan. Dengan melakukan gerakan ini, Anda melatih pernapasan dan otot-otot kaki.

2. Naik-Turun Tangga

Jenis olahraga yang satu ini bisa dilakukan jika rumah Anda berlantai dua. Sebab, untuk melakukan gerakan ini, Anda membutuhkan tangga sebagai medianya. Caranya, Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Cobalah melakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, jadikan tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Dengan melakukan olahraga ini, Anda melatih otot-otot kaki.

3. Push-up

Olahraga yang satu ini tergolong paling mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tambahan alat, karena Anda bisa melakukannya dimana saja, bahkan dalam ruangan kecil sekalipun. Cara melakukannya, mulailah dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan. Selanjutnya, dorong badan ke atas dengan kekuatan tangan, dalam keadaan posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

READ  Tips Menemukan Klinik Gigi Yang Profesional

Setelah itu turunkan kembali badan Anda tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang dan berirama. Dengan melakukan olahraga ini, Anda melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

4. Sit-up

Olahraga yang satu ini juga mudah dilakukan, tidak jauh berbeda dengan push-up. Caranya, berbaringlah  dengan posisi kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai, atau bisa juga dalam keadaan kaki lurus. Pastikan posisi tangan bisa diluruskan ke depan, disilangkan di depan dada atau ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. Setelah itu, angkatlah tubuh Anda bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan ke posisi semula. Lakukanlah gerakan ini berulang-ulang semampu Anda. Dengan melakukan olahraga ini, Anda melatih otot di bagian perut.

READ  Tips Menemukan Klinik Gigi Yang Profesional

Selain 4 jenis olahraga di atas, tentunya masih ada beberapa jenis olahraga lainnya yang juga bisa Anda lakukan di dalam rumah, seperti bridge, wall-sit, dan fitness. Hanya saja untuk fitness, Anda membutuhkan treadmill atau alat fitness lainnya di dalam rumah. Jika belum punya, Anda bisa membelinya dari iReborn.

Sumber: Tips Sehat Berolahraga Di Dalam Rumah | iReborn.co.id

 

Tips

author
Woman Blogger With Passion..

Related Post

Comments are closed.